Fish

Rabu, 10 April 2013

Agar Laptop Tidak Bervirus


Dipublikasi pada 11 Maret 2013 oleh Haiman



Terkadang kita punya laptop sering kali kurang memperhatikan perawatan perangkat lunaknya,terutama laptop memang butuh perlindungan terhadap perangkat lunak(software) dan hardware.Tapi yang akan dibahas disini adalah masalah perangkat lunaknya,karena perangkat lunak(software) udah menjadi bagian penting yang kita pakai  atau gunakan sehari-harinya.


Masalah utama dari kita yang memiliki laptop pribadi adalah masalah pada keamanan sistem operasi apakah aman dari virus atau malah sebaliknya.Apalagi sehari-harinya kita menggunakan laptop sebagai alat utama dalam menyelesaikan banyak pekerjaan kita yang dihadapi sehari-harinya.Untuk itu disini saya mau berbagi sebuah cara agar laptop tidak bervirus.

Dibawah ini saya berikan cara atau upaya agar laptop tidak bervirus :

1.Instal minimal 2 antivirus yakni virus lokal dan virus luar (usahakan masing-masing virus saling mendukuung jangan sampai antivirus makan antivirus atau dapat dikatakan saling bentrok antivirusnya.Saya pribadi menggunakan Eset Smart Security 6 dan Smadav Pro 6.1.

2.Setelah sobat memiliki antivirus.Rekomendasi utama adalah rajinlah update jika laptop anda sedang terkoneksi internet dan upayakan rutin update antivirusnya guna antisipasi perkembangan program jahat yang berkembang saat sekarang ini ,seperti virus,malware dan lainnya.

3.Jangan menginstal software yang belum tentu keamanan instalasinya,kadang bukan software yang sobat install malah program penyusup yang merusak sistem sobat yang sobat install.Kenali dulu softwarenya agar laptop anda aman dari program penyusup atau program jahat yang disisip kedalamnya.

4.Lakukan scanning online guna lebih mengamankan laptop sobat dari antivirus.Saya sendiri menggunakan Eset Online Scanner.Sobat bisa cari dari google jenis scan online yang bisa sobat gunakan untuk scanning file atau data pada laptop sobat.

5.Scan setiap flashdisk yang masuk ke laptop,jangan langsung membuka Windows Explorer coba scan langsung.Tapi kebanyakan antivirus sekarang udah menyediakan otomatis scan removable disk yang tercolok ke laptop anda.Jadi lebih aman akan digunakan flashdisknya.


Itulah yang bisa sobat lakukan untuk menjaga laptop tetap aman dari virus,semoga dengan membaca artikel agar laptop tidak bervirus anda lebih menyayangi dan lebih merawar laptop lebih baik sehingga bisa digunakan untuk jangka panjang lamanya.Terima kasih....!!!







Tidak ada komentar:

Poskan Komentar